Sabtu, 02 Agustus 2014

Solusi Kembung Saat PMS dan Selama Menstruasi

Pernah ga sih kamu merasa kembung saat PMS, sebagian besar cewek mengalaminya. Hal ini adalah dampak dari pengumpulan cairan di dalam rongga perut yang menghadirkan sensasi perut terasa penuh atau kenyang. Pengumpulan cairan ini bahkan menyebabkan area pinggang bertambah areanya(jadi gendut sementara donk hihi), kondisi yang demikian memang ga bahaya tapi kan ga nyaman banget tuh.
Kembung pada saat PMS merupakan reaksi akibat peningkatan hormon estrogen, salah satu dari dua hormon reproduksi yang berfluktuasi saat PMS dan selama menstruasi. Seiring dengan meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh tubuhpun akan menyimpan air, kondisi ini menyiapkan sel tubuh agar tidak kekurangan cairan selama menstruasi berlangsung.
Biasanya kembung akan mereda pada hari ke-3 menstruasi tanpa perlu diobati. Pada hari ke-3 menstruasi kadar hormin estrogen telah turun selaun karena tubuh juga sudah mengeluarkan darah menstruasi beserta hak-hal lain yang perlu dibersihkan.

Dua hal berikut bisa dilakukan untuk meringankan kembung pada saat PMS dan selama menstruasi:

1. Minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari agar tubuh mendapatkan cukup cairan dan sel-sel tubuh tidak menahan banyak cairan,sehingga pengumpulan cairan dalam rongga perut relatif sedikit dan kembungpun akan mereda.

2. Gunakan kompresan air hangat di perut saat menjelang tidur,dan biarkan tubuh relax, sehingga tidur nyenyak dan nyaman saat bangun pagi

Sumber: menstruasi.com

Tidak ada komentar: