Selasa, 11 Oktober 2011

Macam-macam Paragraf Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuannya, paragraf dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

(1) Paragraf pembuka

Berperan sebagai pengantar untuk sampai kepada masalah yang akan diuraikan. Sebab itu paragraf pembuka harus dapat menarik minat dan perhatian pembaca, serta sanggup menyiapkan pikiran pembaca pada masalah yang akan diuraikan. Paragraf pembuka ini jangan terlalu panjang supaya tidak membosankan. Ada dua kegunaan paragraf pembuka yaitu untuk menarik perhatian pembaca dan juga berfungsi menjelaskan tentang tujuan dari penulisan tersebut.

(2) Paragraf Penghubung
Masalah yang akan diuraikan terdapat dalam paragraf penghubung. Paragraf penghubung berisi inti persoalan yang akan dikemukakan. Oleh sebab itu secara kuantitatif paragraf inilah yang paling panjang, dan antara paragraf dengan paragraf harus saling berhubungan secara logis.

(3) Paragraf Penutup
Paragraf penutup mengakhiri sebuah karangan, paragraf ini berisi kesimpulan dari paragraf penghubung. Dapat juga paragraf penutup berisi penegasan kembali mengenai hal-hal yang dianggap penting dalam paragraf penghubung. Paragraf penutup yang berfungsi mengakhiri sebuah karangan tidak boleh terlalu panjang. Namun, tidak berarti, paragraf ini dapat tiba-tiba diputuskan begitu saja. Jadi, seorang penulis harus dapat menjaga perbandingan antara paragraf pembuka, penghubung, dan penutup

Tidak ada komentar: