Rabu, 28 Maret 2012

Tidak Ada Kota Bernama Anyer

Anyer kita ketahui pada peta berada di ujung barat bagian utara Jawa Barat. Kota itu begitu populer karena selalu muncul kalau kita menyebut-nyebut hasil karya monumental Gubernur Jenderal Daendels di zaman penjajahan belanda, yakni sebuah jalan sepanjang sekitar 1000 km dari Anyer sampai panarukan. Dunia pun mengenal nama kota itu ketika Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883.

Begitu kondangnya kota itu sampai seorang pencipta lagu pun tergugah inspirasinya sehingga lahirlah lagu berjudul Antara Anyer dan Jakarta yang dipopulerkan oleh penyanyi Malaysia Sheila majid dan sempat ngetop di tahun 1980-an.

Namun anehnya, tidak ada kota yang bernama Anyer. Tidak percaya? silahkan datang ke kota yang di peta bernama Anyer itu. Anda pasti akan terheran-heran sebab anda tidak akan menemukan satupun papan nama instansi pemerintah setempat yang mencantumkan kata Anyer. Yang ada Anyar, begitupun nama-nama papan toko.

lalu bagaimana sampai terjadi kesalahan itu? Mungkin pada zaman penjajahan dulu lidah orang Belanda di Batavia tidak bisa melafalkan Anyar sebagai Anyar, melainkan anyer. Lantas kitapun ikut-ikutan menyebutnya Anyer, sampai sekarang.

1 komentar:

asri mengatakan...

wah baru tau