Jumat, 23 Oktober 2009

Kebutuhan dan Jenis Kebutuhan

Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah perasaan kekurangan yang berasal dari dalam diri manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan kepada manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani.

Jenis Kebutuhan
Dapat dibedakan menurut intensitas, sifat, waktu dan subjek yang membutuhkannya.
A. Jenis kebutuhan berdasarkan intensitas, dibedakan atas kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dasar yang digunakan adalah peranan kebutuhan tersebut terhadap kelangsungan hidup manusia, artinya jika suatu kebutuhan sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia, maka kebutuhan tersebut adalah kebutuhan primer. Semakin jauh kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia, maka tingkatannya menjadi kebutuhan sekunder atau tersier.
B. Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat
Berdasarkan sifatnya kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani erat kaitannya dengan upaya manusia menjaga atau memperindah jasmani manusia, misalnya makan, minum, sepatu, pakaian dll. Sedangkan kebutuhan rohani adalah berupa upaya manusia untuk memenuhi kepuasan jiwa. Misalnya ceramah keagamaan yang menentramkan jiwa seseorang.
C. Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu
Kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan di masa yang akan datang.
D. Jenis Kebutuhan berdasarkan subyek
Kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan pribadi(individu) dan kebutuhan kolektif(masyarakat), dasar pembagiannya adalah siapa yang membutuhkan kebutuhan tertentu. Contoh kebutuhan pribadi: mobil pribadi, pakaian, sepatu. Contoh kebutuhan kolektif: jalan raya, puskesmas, telepon umum, jembatan dll.

1 komentar:

Liana Meizcha mengatakan...

bagus banget......

aku salut dengan blogger ini..........

go blogger!!!!!!!!!!!