Selasa, 01 Desember 2009

Pengertian Strategi Belajar Mengajar

1. Strategi belajar mengajar merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan
materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu yang meliputi sifat,
lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada
siswa(Geralach dan Elly)
2. Strategi belajar dan mengajar tidak hanya terbatas kepada prosedur kegiatan,
melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya(Dick dan
Carey).
3. Strategi belajar mengajar merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok
dengan tujuan yang akan dicapai. Tiap tingkah laku yang harus dipelajari perlu
dipraktekkan oleh siswa dengan persyaratan tertentu karena setiap materi dan
tujuan pengajaran berbeda satu sama lainnya.

Strategi dan tujuan pengajaran
Pendapat Grapper sesuai dengan Elly yang menyatakan bahwa perlu adanya kaitan antara strategi belajar mengajar dengan tujuan pengajaran, agar diperoleh langkah-langkah kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efidien. Ia menyatakan bahwa Strategi belajar mengajar merupakan suatu rencana untuk pencapaian tujuan. Strategi belajar mengajar terdiri dari metode dan teknik(prosedur) yang akan menjamin bahwa siswa betul-betul akan mencapai tujuan.

Strategi, metode dan teknik
Kata metode dan teknik sering digunakan secara bergantian. Gerlach dan Ely dalam bukunya "Teaching and Media: a sistematic approach" mengemukakan bahwa teknik(yang kadang-kadang disebut metode) dapat diamati dalam setiap situasi belajar mengajar. Teknik adalah jalan atau alat(way of means) yang digunakan guru mengarahkan kegiatan siswa ke arah tujuan yang ingin dicapai. Metode menurut Winarno Surakhmad adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini berlaku baik bagi guru(metode mengajar) maupun bagi siswa(metode belajar. Namun metode ini juga kadang-kadang dibedakan dengan teknik. Metode bersifat prosedural, sedangkan teknik lebih bersifat implementatif.

Tidak ada komentar: