Selasa, 08 Desember 2009

Rumpun Model Mengajar Pemrosesan Informasi

Rumpun model ini terdiri atas model mengajar yang menjelaskan bagaimana cara individu memberi respon yang datang dari lingkungan dengan cara mengorganisasikan data, memformulasikan masalah, membangun konsep dan pemecahan masalah dengan menggunakan simbol-simbol verbal dan nonverbal.

Model Pemrosesan Informasi:
1. Model Berpikir Induktif(Induktif Thinking Model)
Teori ini dikemukakan oleh Hilda Taba, tujuan dari model ini adalah pembentukan berpikir induktif yang banyak diperlukan untuk kegiatan akademik dan pembentukan teori.

2. Model Latihan Inkuiri(Inquiry Training Model)
Model ini dikemukakan oleh RichardSuchman, tujuan dari model ini yaitu melatih atau menolong siswa mengembangkan disiplin intelektual dan ketrampilan yang dibuyuhkan sehingga siswa mampu melakukan penyelidikan secara bebeas tetapi dalam cara yang teratur.

3. Inkuiri IPA(Scientific Inquiry)
Model ini diciptakan oleh J.J. Schwab. Model ini dimaksudkan untuk memiliki kemampuan berpikir melalui penelitian alam.

4. Model Perkembangan Konsep(Concept Attainment)
Model ini dikemukakan oleh Jerome Bruner, dengan maksud untuk membentuk konsep yang benar secara induktif sehingga siswa memiliki kemampuan analisis.

5. Model Pertumbuhan Kognitif(Cognitive Growth)
Model ini muncul dari teori-teori Jean Piaget, Irving Sigel, Edmun Silivan dan Lawrence Kohlberg. Dengan maksud agar siswa memeiliki kemampuan umum berpikir logis. Dan juga dapat diterapkan pada perkembangan sosial dan moral yang baik.

6. Model Bahan Pengait(Advance Organizer)
Melalui model ini David Ausubel mempunyai tujuan agar siswa memperoleh ilmu secara efisien sehingga dimiliki suatu ilmu yag utuh dan bermakna dengan menggunakan bahan pengait.

Tidak ada komentar: