Rabu, 27 Januari 2010

Pengajaran Kelompok(5-7 orang)

Pengajaran kelompok merupakan satu alternatif pengelolaan pengajaran disamping pengajaran klasikal dan pengajaran perorangan. Proses kelompok telah diyakini oleh banyak ahli sebagai suatu kekuatan yang dapat mempengaruhi atau meningkatkan kualitas belajar, dan kelompok dapat merupakan sarana yang efektif dalam proses belajar mengajar.

Pelaksanaan pengajaran kelompok sebagai berikut:
-Persiapan:

a. Menyiapkan satuan pelajaran dengan tugas kelompok, yang kemungkinannya dapat berbeda atau sama tugas atau materinya.
b. Menyiapkan pengaturan ruangan, penyediaan alat-alat bantu, alat penilaian, dan sebagainya.
c. Menyusun kegiatan belajar beserta petunjuk pelaksanaannya.

-Pelaksanaan:
a. Penlajaran diawali dengan pertemuan klasikal, guru memberikan informasi umum kepada semua siswa atau kelompok mengenai tujuan, kegiatan yang harus dilakukan, penggunaan alat atau sumber belajar dan hal-hal lain yang dianggap perlu.
b. Guru meminta kelompok untuk bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing pada tempat yang sudah ditentukan, dan batas waktu pengerjaan.
c. Guru melakukan monitoring setiap kelompok untuk mengetahui perkembangan masing-masing kelompok, dan memberikan bantuan bila dibutuhkan sampai pada batas yang ditentukan.
d. Kelompok berkumpul kembali dari masing-masing kelompok dan memberikan tanggapan seperlunya sebagai upaya mengumpulkan berbagai pengalaman, meminta atau memberikan balikkan dan memantapkan hasil belajar atau kerja.
e. Selama kegiatan melaporkan dan memberikan tanggapan, guru membantu atau membimbing bila diperlukan, dan berupaya untuk terciptanya interaksi antar siswa dan antar kelompok.
f. Siswa dan guru bersama-sama membuat rumusan atau kesimpulan untuk dimengerti dan diketahui seluruh siswa.

Tidak ada komentar: